Berikut faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM, kecuali…..

Berikut faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM, kecuali…..

Jawaban:

Ini merupakan soal yang kurang lengkap, maka soal lengkapnya adalah :

 

Berikut faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM, kecuali…

a. Terjadinya penyalahgunaan kekuasaan

b. Kurang tegasnya aparat penegak hukum

c. Terjadinya penyalahgunaan teknologi

d. Terjadinya penyalahgunaan teknologi

e. Tegasnya aparat penegak hukum

Jawaban : E. Tegasnya aparat penegak hukum.

Pembahasan

Menurut UU No. 9 tahun 1999, pelanggaran hak asasi manusia merujuk pada setiap tindakan seseorang atau sekelompok orang, termasuk pejabat negara, baik disengaja atau tidak disengaja atau lalai, dikurangi secara hukum, dihambat, dibatasi, dan / atau dihapuskan. Hukum pengadilan hak asasi manusia yang melindungi hak asasi seseorang atau sekelompok orang adalah pengadilan khusus yang menangani pelanggaran berat hak asasi manusia.

Berikut ini merupakan jenis pelanggaran berat yaitu sebagai berikut :

  1. Kejahatan genosida adalah tindakan yang bertujuan menghancurkan atau menghancurkan semua atau sebagian negara, ras, kelompok etnis, atau kelompok agama. Contoh: Membunuh anggota grup/kelompok.
  2. Kejahatan terhadap kemanusiaan adalah tindakan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang meluas atau sistematis yang ditujukan terhadap warga sipil. Contoh pembunuhan, perusakan, perbudakan, deportasi atau pemindahan.
  3. Penyiksaan adalah setiap tindakan yang sengaja dilakukan, yang dapat menyebabkan rasa sakit fisik dan mental pada seseorang.
  4. Penghilangan paksa adalah tindakan apa pun yang dilakukan oleh seseorang yang keberadaannya tidak diketahui. Pelanggaran HAM secara paksa.