Apakah yang di maksud dengan masa pubertas?

Apakah yang di maksud dengan masa pubertas?

Jawaban:

Banyak yang dialami manusia ketika dia sudah beranjak dewasa, dengan mengalami perubahan – perubahan, baik secara perlahan maupun secara cepat. Biasanya masa masa itu datang ketika manusia sudah memasuki masa pubertas. Masa pubertas dialami oleh laki – laki dan perempuan. Keduanya juga mengalami masa pubertas yang berbeda. Lalu, apa yang dimaksud dengan masa pubertas ?

masa Pubertas adalah masa terjadinya perubahan fisik dan mental pada diri anak laki – laki maupun anak perempuan yang disebabkan oleh perubahan hormon didalam tubuh. Selain itu masa pubertas merupakan masa peralihan dari anak anak menjadi dewasa.

Sehingga pada masa pubertas yang dialami seseorang, akan menunjukan perubahan. Ada dua jenis perubahan yang terjadi pada masa pubertas, yaitu perubahan primer dan perubahan sekunder.

Perubahan primer disebut juga perubahan utama yang terjadi di dalam tubuh. perubahan tersebut memungkinkan seorang laki-laki dan perempuan pada masa pubertas menghasilkan bayi.

Contoh perubahan utama atau primer pada anak laki – laki :

yaitu sudah mampu memproduuksi sel sperma oleh alat kelamin yang disebut dengan testis. Biasanya hal ini terjadi ketika laki – laki sudah mengalami mimpi basah.

 

Contoh perubahan utama atau primer pada perempuan :

Hal ini biasanya ditandai dengan datangnya menstruasi pada perempuan yang diaami pada usia 10 sampai 14 tahun. Namun, perlu diketahui tidak semua perempuan memiliki masa pubertas sama.

 

Perubahan Sekunder disebut perubahan fisik atau perubahan yang ciri-cirinya tampak pada tubuh laki-laki dan perempuan.

Contoh perubahan sekunder pada laki – laki yaitu :

Diantaranya adalah suara berubah menjadi lebih besar, kumis mulai terlihat atau tumbuh, jakun mulai terlihat dan dada laki – laki tersebut lebih lebar.

 

Contoh perubahan sekunder perempuan yaitu:

perubahan tersebut diantaranya adalah payudara yang mulai tumbuh dan mebesar, pinggul membesar, tumbuh rambut halus pada bagian bagian tertentu