Apa yang dimaksud seni rupa?

Apa yang dimaksud seni rupa?

Jawaban:

Seni rupa adalah adalah salah satu cabang seni yang membentuk karya seni dengan media visual (penglihatan) dan tekstur (perabaan).

 

Pembahasan

Pembagian Seni Rupa

Berdasarkan fungsinya, seni rupa dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

  • Seni rupa murni: bidang seni rupa yang mengutamakan cipta, rasa, dan karsa manusia pada sesuatu yang indah untuk mengekspresikan diri. Contohnya seperti lukis, patung, grafis, instalasi, dan fotografi.
  • Seni rupa terapan: bidang seni rupa yang menciptakan karya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Seni rupa terapan juga sering disebut dengan seni kriya. Contoh dari seni rupa terapan adalah kriya tekstil, kriya kayu, dan kriya keramik.
  • Desain: bidang seni rupa yang mempelajari rancang bangun atau bentuk suatu karya seni. Contohnya adalah arsitektur, desain grafis, dan desain interior.

 

Berdasarkan dimensinya, seni rupa dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Seni rupa dua dimensi: karya seni rupa yang hanya memiliki dua ukuran yaitu panjang dan lebar. Dengan begitu, karya seni rupa dua dimensi tidak memiliki ruang dan hanya dapat dinikmati dari satu sisi saja. Contoh seni rupa dua dimensi adalah lukisan, fotografi, mural, batik, dan kolase.
  • Seni rupa tiga dimensi: karya seni rupa yang memiliki tiga ukuran yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Seni rupa ini memiliki volume atau ruang sehingga bisa dinikmati dari berbagai sisi. Contoh seni rupa tiga dimensi adalah patung, guci, vas, topeng, dan ukiran.

 

Unsur Seni Rupa

Seni rupa memiliki beberapa unsur seperti:

  • Titik: unsur paling dasar dari seni rupa karena titik bisa melahirkan wujud ide/gagasan lalu menciptakan sebuah garis, bentuk, dan bidang.
  • Garis: unsur utama dalam karya seni rupa dan dapat didefinisikan sebagai kumpulan titik yang berangkai. Setiap garis mempunyai kesan wataknya sendiri-sendiri.
  • Bidang: terbentuk dari satu atau sekumpulan garis yang membentuk bidang tertutup karena adanya perpotongan beberapa garis pada pangkalnya.
  • Warna: unsur yang penting dalam seni rupa karena dapat menimbulkan kesan keindahan. Secara teoris, warna-warna yang ada dalam seni rupa didapat dari tiga warna pokok yang dinamakan warna primer.