Apa nama induk organisasi bola voli di dunia dan di indonesia?

Apa nama induk organisasi bola voli di dunia dan di indonesia?

Jawaban: 

Nama induk organisasi bola voli dunia adalah FIVB yang merupakan singkatan dari Federation Internationale de Volleyball. Sementara induk organisasi di Indonesia bernama PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia)

Penjelasan:

Induk organisasi bola voli dunia (FIVB) merupakan organisasi yang menaungi olahraga ini sejak tahun 1947. Federasi yang bermarkas di Lausanne, Swiss ini didirikan pada bulan April pada tahun tersebut di Paris, Prancis dan kini membawahi 221 federasi bola voli negara-negara sedunia. FIVB memiliki sejumlah turnamen rutin yang diadakan baik bagi tim putra dan putri diantaranya kejuaraan dunia, Piala Dunia bola voli serta ajang voli di olimpiade musim panas. Beberapa negara yang menjadi unggulan dalam cabang olahraga ini adalah Brasil, Italia, Amerika Serikat, Tiongkok, Polandia dan Rusia. Kini FIVB diketuai oleh Ary Graca asal Brasil.

Sementara, PBVSI  baru didirikan pada tanggal 22 Januari 1955 di Jakarta. Organisasi ini memiliki sejumlah agenda turnamen rutin seperti kejurnas junior, kejurnas LIVOLI dan turnamen PROLIGA. Ketua umum PBVSI ini sekarang dijabat oleh Jendral Polisi Drs. Sutanto.