Apa itu teman collab?​

Apa itu teman collab?​

Jawaban: 

Istilah diatas yaitu ‘teman collab’ seringkali berkaitan dengan bidang musik. Namun juga bisa diperluas di bidang-bidang lainnya. Istilah tersebut tidaklah baku karena merupakan campuran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Arti dari ‘teman collab’ adalah ‘teman utk berkolaborasi atau bekerja sama’.

 

Penjelasan:

Istilah diatas merupakan contoh bahasa tidak baku yang menggabungkan kata-kata dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam satu frase atau kalimat dalam kehidupan sehari-hari. Kecenderungan ini sangat populer dilakukan oleh golongan muda modern yang tinggal di kota-kota besar karena telah terbiasa menggunakan bahasa Inggris sejak kecil namun masih tinggal di tengah-tengah masyarakat atau keluarga yang belum semuanya paham atau terbiasa menggunakan bahasa Inggris sepenuhnya.

Istilah ‘teman collab’ terdiri dari kata:

  • teman (dari bahasa Indonesia)
  • collab /collaboration (dari bahasa Inggris yang berarti kolaborasi, kerjasama dalam melakukan suatu hal dan sebagainya)

 

Jadi istilah ‘teman collab’ adalah teman, kawan atau pihak lain yang dijadikan partner untuk berkolaborasi atau bekerjasama untuk sesuatu hal seperti proyek atau program tertentu misalnya.

 

Contoh dalam kalimat:

  • Dia teman collab kami yang baru untuk pembuatan single (musik) ini.
  • Kami membutuhkan teman collab untuk proyek pembuatan film dokumenter di Papua.