Apa arti dari kitman dan baladah?

Apa arti dari kitman dan baladah?

Jawaban:

Rasul adalah laki laki utusan Allah SWT yang mendapat wahyu untuk disampaikan kepada ummatnya. Rasul memiliki fat atau kepribadian yang dijadikan teladan bagi ummatnya. Terdapat sifat wajib, sifat mustahil, dan sifat jaiz rasul.

Pembahasan

Sifat Wajib

Sifat wajib adalah sifat yang pasti dimiliki oleh seorang rasul. Sifat wajib rasul ada 4, yaitu :

  • Siddiq

Siddiq menurut bahasa berarti benar atau jujur. Siddiq secara istilah berarti sebuah perkataan yang benar diikuti dengan pemikiran dan perbuatan. Seorang rasul sudah pasti akan menyampaikan suatu kebenaran, yang asalanya dai Allah SWT.

  • Amanah

Amanah secara bahasa artinya dapat dipercaya. Amanah secara istilah berarti seseorang yang dapat dipercaya untuk melakukan atau menjaga sesuatu. Rasul adalah manusia yang jujur, dan selalu dapat dipercaya dalam menyampaikan kebenaran wahyu Allah SWT.

  • Tablig

Tablig secara bahasa artinya menyampaikan. Secara istilah artinya seseorang yang menyampaikan suatu kebenaran. Seorang nabi wajib menyampaikan wahyu yang telah diterimanya dari Allah SWT melalui malaikat Jibril a.s. kepada ummatnya.b Tanpa ditambahkan atau dikurangkan wahyu itu.

  • Fatanah

Fatanah secara bahasa berarti cerdas. Secara istilah artinya seseorang yang memiliki kepintaran atau kecerdasan, tidak pelupa, dan tidak pikun. Seorang rasul pasti fatanah, terutama untuk menjawab berbagai perlawanan maupun pertanyaan dari kaumnya.

Sifat Mustahil

Sifat mustahil adalah sifat yang tidak mungkin dimiliki seorang rasul. Ada 4 sifat mustahil yakni

  • Kazib

Kazib secara bahasa berarti dusta atau bohong. Seorang rasul tidak mungkin berdusta atau berbohong dalam menyampaikan wahyu Allah SWT. Juga perkataan, pemikiran dan perbuatannya sehari-hari.

  • Khianat

Khianat artinya tidak mampu dipercaya. Seorang rasul tidak mungkin berkhianat kepada ummatnya maupun kepada Allah SWT.

  • Kitman

Kitman berarti menyembunyikan. Seorang rasul tidak mungkin menyembunyikan kebenaran wahyu Allah SWT yang telah diterimanya kepada ummatnya.

  • Baladah

Baladah berarti b*doh. Seorang rasul adalah orang yang cerdas, bukan orang yang b*doh. Jika seorang rasul b*doh pasti akan dipermainkan oleh ummatnya.

Sifat Jaiz

Sifat jaiz adalah sifat yang dimiliki oleh rasul seperti manusia umumnya. Sifat inilah yang disebut Aradul Basyariyah. Contohnya hawa nafsu, makan, minum, tidur, haus, lapar, lelah dan lain sebagainya.