Apa alat- alat yang digunakan dalam permainan kasti

Apa alat- alat yang digunakan dalam permainan kasti

Jawaban: 

Alat-alat yang digunakan dalam permainan kasti adalah.

  1. Kayu pemuku.
  2. Bola.
  3. Tiang hinggap.
  4. Bendera.
  5. Nomor dada.

Pembahasan

Kasti adalah salah satu olahraga yang membutuhkan keterampilan menangkap, memukul, melempar, dan berlari. Kasti merupakan salah satu olahrgara bola kecil yang populer. Permainan kasti merupakan permainan beregu yang terdapat dua regu yang saling berhadapan dalam setiap pertandingan. Dalam melakukan permainan kasti, diperlukan beberapa perlengkapan untuk dapat memainkan permainan bola kasti dengan baik. Peralatan yang dibutuhkan dalam permainan kasti adalah.

1. Kayu pemukul.

Kayu pemukul berbentuk lonjong dengan panjang 60-80 cm dan memiliki keliling lingkaran 29 cm. Kayu pemukul digunakan untuk memukul bola dalam permainan.

2. Bola.

Bola yang digunakan untuk permainan kasti terbuat dari karet atau kulit yang didalamnya terdapat sebuah injuk yang berfungsi sebagai beban bola. Ukuran bola yang digunakan yakni memiliki keliling 19-21 cm, dengan berat 60-80 gram, dan memiliki diameter 20 cm.

3. Tiang hinggap.

Tiang hingga digunakan untuk berhenti para pelari. Tiang hinggap biasanya diberi tanda oleh bendera agar terlihat oleh semua pemain.

4. Bendera.

Bendera digunakan untuk menandakan sudut lapangan dan garis tengah lapang. Bedera di pasang pada bagian sudut lapangan dan garis tengah lapangan.

5. Nomot punggung.

Setiap pemain diwajibkan untuk memakai nomor punggung agar lebih mudah dilihat dan di kenali oleh wasit agar tidak terjadi kecurangan dalam pertandingan.