Angklung dan gong termasuk jenis alat musik.

Angklung dan gong termasuk jenis alat musik.
A.chordophone
B.indophone
C.membranophone
D.aerophone​

Jawaban: 

Angklung dan gong termasuk jenis alat musik idiophone (opsi B).

 

Pembahasan

Alat musik dapat diklasifikasikan dari sumber bunyinya.

Idiophone

Idiophone (opsi B) merupakan alat musik yang mendapat sumber bunyinya dari badan atau bagian dari alat musik itu sendiri dan diperkuat oleh ruang resonansi. Alat musik idiophone dapat dimainkan dengan cara dipukul, ditepuk, atau digesek. Yang termasuk alat musik idiophone adalah angklung, gong, dan kolintang.

 

Chordophone

Chordophone (opsi A) adalah alat musik yang menghasilkan suara dengan cara dipetik atau digesek oleh kotak tempat dawai atau senar yang direntangkan. Alat musik chordophone juga sering disebut dengan alat musik dawai. Alat musik chordophone yang dimainkan dengan cara dipetik antara lain adalah gitar, harpa, dan ukulele. Sedangkan alat musik chordophone yang dimainkan dengan cara digesek adalah biola, rebab, dan cello.

 

Membranophone

Sesuai dengan namanya, membranophone (opsi C) adalah alat musik yang bunyinya bersumber dari selaput membran. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara dipukul pada permukaannya. Yang termasuk alat musik membranophone adalah drum, jimbe, dan rebana.

 

Aerophone

Aerophone (opsi D) adalah alat musik yang mendapat sumber bunyinya dari getaran udara yang diperkuat oleh ruangan resonansi yang ada pada alat musik. Jenis alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara ditiup atau dipompa. Yang termasuk alat musik aerophone adalah flute, clarinet, dan accordion.