Al-Ma’un diturunkan di kota ?

Al-Ma’un diturunkan di kota ?

Jawaban: 

Surah Al Ma’un merupakan salah satu surah yang Allah turunkan pada saat Nabi Muhammad berada di Kota Mekkah. Surah Al Ma’un juga merupakan salah satu surah yang Allah turunkan kepad Nabi Muhammad sebelum Nabi Muhammad hijrah dari Kota Mekkah ke Kota Madinah pada tahun 13 hijriyah. Oleh karena itu, Surah Al Ma’un juga merupakan salah satu surah yang ada dalam mushaf Al Qur’an yang tergolong dalam surah Makkiyyah.

Pembahasan

Surah Al Ma’un terdiri dari 7 ayat Al Qu’an secara keseluruhan. Lafadz-lafadz dari surah Al Ma’un antara lain adalah

  • Lafadz Ayat yang ke menggunakan huruf hijaiyah adalah اَرَءَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِۗ  yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?.
  • Lafadz Ayat yang ke menggunakan huruf hijaiyah adalah فَذٰلِكَ الَّذِيْ يَدُعُّ الْيَتِيْمَۙ yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah Maka itulah orang yang menghardik anak yatim,.
  • Lafadz Ayat yang ke menggunakan huruf hijaiyah adalah وَلَا يَحُضُّ عَلٰى طَعَامِ الْمِسْكِيْنِۗ  yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah dan tidak mendorong memberi makan orang miskin.
  • Lafadz Ayat yang ke menggunakan huruf hijaiyah adalah فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّيْنَۙ  yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah Maka celakalah orang yang salat,.
  • Lafadz Ayat yang ke menggunakan huruf hijaiyah adalah الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَۙ yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap salatnya,.
  • Lafadz Ayat yang ke menggunakan huruf hijaiyah adalah الَّذِيْنَ هُمْ يُرَاۤءُوْنَۙ  yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah yang berbuat ria,.
  • Lafadz Ayat yang ke menggunakan huruf hijaiyah adalah وَيَمْنَعُوْنَ الْمَاعُوْنَ  yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah dan enggan (memberikan) bantuan.