5 contoh perubahan revolusi dan evolusi

5 contoh perubahan revolusi dan evolusi

Jawaban:

Contoh perubahan revolusi antara lain:

1. Revolusi Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

2. Peristiwa turunnya Presiden Soeharto dari kekuasaannya yang disebut Reformasi

3. Revolusi Perancis yakni perubahan yang terjadi pada bentuk pemerintahan yang awalnya kerajaan menjadi republik.

4. Revolusi industri di Inggris yang menimbulkan perubahan yang sangat signifikan dalam produksi barang-barang industri.

5. Revolusi Mesir yakni terjadi akibat ketidakpuasan rakyat terhadap penggunaan kekuasaan oleh pemerintahan Mubararak secara otokratik.

Perubahan evolusi dapat diartikan sebagai perubahan sosial budaya yang berlangsung dalam waktu yang lama. Contoh perubahan evolusi antara lain:

1. Perubahan yang terjadi pada kehidupan masyarakat suku Kubu di Jambi. Dengan kemajuan zaman yang cukup pesat, perubahan kehidupan suku Kubu termasuk sangat lambat karena masih mempertahankan mencari makan dengan berburu dan juga meramu.

2. Peralihan penggunaan bahan bakar binyak tanah menjadi gas. Konversi ini terjadi dalam jangka waktu yang relatif lama karena masyarakat takut menggunakan gas.

3. Perubahan dalam hal mata pencaharian dari zaman purba yakni berburu dan meramu sampai zaman modern saat ini.

4. Perubahan tata nilai kemasyarakatan, pada awalanya masyarakat desa umumnya masih memegang teguh nilai-nilai sosial seperti kesopanan, gotong-royong, dan juga tenggang rasa. Namun seiring perkembangan zaman, lambat laun nilai-nilai tersebut mulai terkikis.

5. Perubahan pasar, awalnya bentuk pasar sederhana saja dan barang yang dijual juga terbatas. Namun sekarang lambat laut mengalami perubahan mulai dari bangunannya yang lebih tertata sampai barang yang dijual semakin beranekaragam.