5 contoh barang komplementer dan barang subtitusi!

5 contoh barang komplementer dan barang subtitusi!

Jawaban:

Barang komplementer adalah sebuah barang yang dimana memiliki kegunaan untuk melengkapi antara barang yang satu dengan barang yang lainnya. Kemudian, apabila pada satu buah barang tersebut tidak terdapat pada barang tersebut makan mengalami penurunan dari sebuah fungsi dari barang tersebut dan bahkan mungkin tidak akan dapat menjalankan barang tersebut dan membuatnya menjadi tidak berfungsi.

Sebagaimana contoh yang didapatkan dari barang komplementer adalah:
1. Pulpen dan Tinta
Pulpen adalah sebuah alat untuk menulis, kemudian tinta dibutuhkan untuk menulis. Apabila tidak ada pulpen, maka tidak akan bisa menulis, dan begitu pula sebaliknya, apabila tidak ada tinta maka tidak akan bisa menulis dan pulpen tidak dapat disbeut sebagai alat tulis.

2. Gula dan Kopi
Gula adalah pemanis, dan kopi adalah sebuah minuman. Apabila kita membuat kopi hanya dengan gula, maka kita akan membuat sebuah air gula, dan begitu pula sebaliknya apabila kita membuat air dengan kopi, maka kita hanya akan meminum kopi yang sangat pahit.

3. Handphone dan Charger
Handphone digunakan apabila terdapat baterai karena membutuhkan daya untuk bekerja. Dan charger dibutuhkan apabila ingin mengisi daya pada baterai. Apabila handphone tidak terdapat charger, maka handphone tersebut tidak dapat digunakan karena suatu saat daya pada baterai tersebut akan habis. Begitu pula sebaliknya, apabila terdapat charger tetapi tidak ada handphone maka kita tidak dapat melakukan apa-apa.

4. Kompor dan Gas
Kompor digunakan untuk memasak, gas digunakan untuk menghidupkan api di kompor. Apabila terdapat kompor tetapi tidak terdapat gas, maka kit tidak dapat memasak karena tidak memiliki bahan bakar. Apabila kita memiliki gas tetapi tidak memiliki kompor, maka kita juga tidak dapat memasak karena tidak memiliki alat untuk menggunakan gas tersebut.

5. Buku dan Pensil
Buku digunakan untuk mencatat, pensil digunakan untuk menulis. Apabila tidak terdapat buku, maka kita tidak dapat mencatat. Apabila tidak terdapat pensil maka kita tidak dapat mencatat informasi yang diberikan oleh guru.

Barang Subtitusi
Barang subtitusi adlaah sebuah barang yang digunakan untuk sebagai pemuas dalam kebutuhan hidup manusia yang dimana apabila saling menggantikan fungsi dengan sempurna. Sehingga apabila sebuah barang tidak ada, maka barang lainnya dapat menggantikan barang tersebut.

Contoh barang subtitusi
1. Pulpen dan Pensil
Baik pulpen dan pensil keduanya adalah sebuah alat tulis. Apabila kita ingin melakukan pencatatan pada sebuah buku maupun kertas, apabila kita tidak memiliki pulpen, maka kita dapat menggantinya dengan pensil dan begitu pula sebaliknya apabila kita tidak memiliki pensil maka kita dapat menggantinya dengan pensil. Karena fungsi dari kedua alat ini adalah sebagai alat tulis.

2. Nasi dan Mie Instan
Baik nasi dan mie instan adalah sebuah makanan. Apabila kita ingin makan, maka kita dapat memakan nasi, dan apabila dalam kondisi yang lebih mendesak kita juga dapat memakan mie instan untu makan. Karena fungsi dari kedua benda ini yaitu nasi dan mie instan untuk menjadi sumber tenaga berupa makanan.

3. Santan Kelapa dan Santan Kemasan
Baik santan kelapa murni dan santan kelapa kemasan adalah santan kelapa. Apabila kita tidak mendapatkan santan kelapa murni untuk membuat sebuah kue, maka kita dapat menggunakan santan kemasan sebagai penggantinya. Begitu juga sebalikya apabila kita tidak menemukan santan kemasan, maka kita dapat menggunakan santan kelapa murni untuk membuat kue karena kedua benda tersebut tetaplah santan kelapa.

4. Gelas dan Cangkir
Baik gelas dan cangkir adalah alat minum. Apabila kita tdak memliki gelas untuk minum, maka kita dapat menggunakan cangkir dan begitu pula sebaliknya. Karena fungsi keduanya sama-sama untuk minum.

5. Minyak Goreng dan Margarine
Baik minyak goreng dan margarine adalah media penggoreng. Apabila kita kehabisan minyak goreng maka kita dapat menggunakan margarine dan begitu pula sebaliknya. Karena fungsi dari keduanya adalah media untuk menggoreng.