1.siapakah triyono?

1.siapakah triyono?
2.apa saja yang telah dilakukannya untuk menjadi pengusaha?
3.kendala apa sajakah yang dihadapinya?
4.apakah mimpinya?​

Jawaban:

1. Triono adalah seorang pengusaha muda yang mengawali usahanya sejak lulus kuliah pada tahun 2006.

 

2. Triyono telah membuat peternakan bebek berbekal ilmu peternakan yang ia dapatkan dari Universitas Seblas Maret tempat ia kuliah. Selain itu terinspirasi dari hewan kurban maka diapun membuka peternakan sapi dengan mengumpulkan modal dari teman-teman saat kuliahnya.

 

3. Kendala yang dihadapinya adalah dia saat akan membuka peternakan sapi tidak mempunyai dana dan lahan untuk membangun peternakan tersebut. Maka dia membentuk kelompok bersama dan mengumpulkan dana dari teman-temannya saat kuliah.

 

4. Mimpi dari Triyono adalah ingin bisa memenuhi pasokan daging sapi di Jakarta yang saat ini masih impor dari luar negeri.

 

Pembahasan

Wirausahawan atau pengusaha adalah seseorang yang melakukan aktivitas wirausaha, cirinya adalah dengan membuat produk baru atau produk yang sudah ada, kemudian menentukan cara produksinya, melakukan pengelolaan terhadap operasionalnya, memasarkannya, menjual dan mengembangkannya.

Sedangkan Kewirausahaan adalah “proses” dalam melakukan kegiatan atau aktivitas pelaku usaha tersebut. Dimulai dari mengidentifikasi, melakukan produksi hingga menjualnya.

Di dalam cerita Triyono seorang wirausahawan, kita dapat mengambil beberapa pelajaran sebagai berikut:

  • Faktor yang harus diperhatikan dalam memulai usaha adalah kreativitas, keberanian, dan menekuni apa yang disukai.
  • Seorang wirausahawan harus pintar dalam melihat peluang, seperti kisah Triyono maka ia terinspirasi dari hewan kurban akhirnya ia pun membuka peternakan sapi dan kemudian peternakan ayam.
  • Seorang wirausahawan harus optimis yaitu sikap berpikir positif terhadap masalah yang sedang dihadapi dalam kehidupan termasuk di dalam berwirausaha.
  • Seorang wirausahawan harus bekerja Keras yaitu sikap bersungguh sungguh tanpa mengenal kata lelah dan menyerah.
  • Berani menghadapi rintangan. Salah satu sikap yang wajib dimiliki seorang wirausahawan adalah berani menghadapi berbagai rintangan dan berusaha untuk mencari solusinya.
  • Berani mengambil risiko. Seorang pengusaha harus memiliki sikap berani dalam mengambil risiko, karena di setiap risiko yang ada pasti ada peluang untuk keberhasilan.

Adapun sebaliknya, berikut ini beberapa sikap yang tidak boleh dimiliki seorang wirausahawan yaitu:

  • Pesimis yaitu sikap berpikir negatif terhadap sebuah masalah, merasa tidak bisa menyelesaikan dan putus asa terhadap masalah tersebut.
  • Malas dalam bekerja menjadi sikap yang tidak boleh dimiliki seorang wirausahawan.
  • Tidak berani mengambil risiko dan tidak berani menghadapi tantangan yang ada.