1.pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia?

1.pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia?
2.pada bulan apakah musim kemarau terjadi di Indonesia?

3.ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia !

Jawaban:

1. Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia?

Pada sekitar bulan Oktober, November, Desember, Januari, Februari, Maret hingga April.

2. Pada bulan apakah musim kemarau terjadi di Indonesia?

Pada sekitar bulan April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September hingga Oktober.

3. Ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia!

Angin muson berganti arah tiap  6 bulan sekali.

Angon muson bertiup dari benua Australia yang kering pada bulan April hingga Oktober, saat Matahari berada di benua Asia.

Angon muson bertiup dari Samudera Hindia dan membawa banyak uap air, pada bulan Oktober hingga April, saat Matahari berada di benua Australia, yang membuat benua ini bertekanan udara rendah.

Pembahasan:

Indonesia mengenal dua musim, yaitu musim hujan dari bulan Oktober hingga bulan April, dan musim kemarau dari bulan April hingga bulan Oktober. Perubahan musim ini terjadi sering bertiupnya Angin Muson, akibat perubahan lokasi matahari terhadap bagian bumi.

Pada saat bulan Oktober hingga bulan April, matahari berada di selatan Ekuator (Khatulistiwa). Di negara belahan selatan seperti Australia, ini menyebabkan musim panas dan suhu yang tinggi.

Suhu udara yang tinggi di belahan bumi selatan menyebabkan tekanan udara yang rendah di sekitar Australia dan menyebabkan angin Muson Tropis yang berhembus dari Samudera Hindia di sebelah barat Indonesia. Angin ini membawa udara dari Samudera Hindia, yang kaya akan uap air. Sehingga, curah hujan di Indonesia barat sangat tinggi dan Indonesia memasuki musim hujan pada bulan ini.

Sebaliknya pada bulan April hingga bulan Oktober, matahari bergerak dan berada di utara Ekuator. Ini membuat wilayah di belahan bumi bagian utara memiliki suhu yang panas dan tekanan tinggi.

Ini membuat angin bertiup dari benua Australia yang kering dan mengandung sedikit uap air, karena wilayah Australia ini memiliki banyak wilayah berupa gurun pasir.  Akibatnya ada saat matahari berada di belahan bumi utara, Indonesia memasuki musim kemarau.