1.Kronologis peristiwa Sumpah Pemuda

1.Kronologis peristiwa Sumpah Pemuda

2.Semangat dan kemitmen peristiwa Sumpah Pemuda

3.Makna Sumpah Pemuda bagi perjuangan kemerdekaan

4.Makna Sumpah Pemuda bagi pelajar

Jawaban: 

1. Kronologi peristiwa Sumpah Pemuda adalah dimulai ketika Kongres Pemuda II dilaksanakan sejak tanggal 27 Oktober hingga 28 Oktober di Jakarta yang saat itu masih bernama Batavia. Tahun pelaksanaan Kongres Pemuda II ini adalah pada 1928. … Di kemudian hari keputusan ini kita namakan dengan Sumpah Pemuda.

2. Sumpah pemuda memiliki makna menumbuhkan semangat dan komitmen pemuda dalam persatuan dan kesatuan untuk lepas dari penjajahan. Juga menumbuhkan sikap patriotisme, nasionalisme, dan gotong royong. Dan membentuk Bangsa Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

3. Bagi para pejuang kemerdekaan Indonesia, Sumpah Pemuda dimaknai sebagai penanda periode penegas kemerdekaan bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda menegaskan transformasi perjuangan melawan penjajah yang berlandaskan semangat persatuan dan nasionalisme, sekaligus meninggalkan perjuangan yang bersifat kedaerahan

4. makna Sumpah Pemuda bagi pelajar, yaitu : Mengajak untuk menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI secara bersama-sama. Saling menyemangati untuk berjuang menggapai cita-cita. Mengajak untuk mencintai Indonesia dengan segenap hati dan jiwa.