1. Jumlah makmum dalam salat berjamaah paling sedikit adalah…

1. Jumlah makmum dalam salat berjamaah paling sedikit adalah…
2. Pahala salat berjamaah lebih banyak dibanding salat sendirian,yaitu..
3. Perhatikan pernyataan berikut!
A. Pak Umar berumur 55 tahun dan kurang fasih membaca Al-Qur’an.
B. Ibu Aminah berumur 57 tahun dan fasih membaca Al-Qur’an.
C. Farhan berumur 15 tahun dan fasih membaca Al-Qur’an.
D. pak Rosyid berumur 35 tahun dan fasih membaca Al-Qur’an.
Orang yang tepat dipilih jadi imam salat adalah…
4. Perhatikan hal hal berikut!
A. Hujan lebat
B. Sakit
C. Tertinggal satu rakaat
D. Tidak mendapat saf depan
Hal hal yang menjadi alasan diperbolehkan seorang muslim melakukan salat secara munfarid adalah…
5. Apabila suami istri ingin melaksanakan salat berjamaah maka…

Jawaban:

1. Jumlah makmum dalam salat berjamaah paling sedikit adalah satu orang. Jadi sholat jamaah minimal terdiri atas 1 imam + 1 makmum ( total 2 orang).

2. Pahala salat berjamaah lebih banyak dibanding salat sendirian, yaitu 27 derajat. Hal ini sesuai dengan hadits: “Shalat jamaah lebih baik 27 derajat dibanding shalat sendirian.” (HR. Bukhari, no. 645 dan Muslim, no. 650)

3. Imam salat dipilih orang yang paling bagus bacaan Al Qur’annya, laki- laki jika mengimami makmum laki-laki sekaligus perempuan, dan lebih utama orang yang lebih tua. Jadi orang yang tepat dipilih jadi imam adalah pak Rosyid berumur 35 tahun dan fasih membaca Al-Qur’an.

4. Hal hal yang menjadi alasan diperbolehkan seorang muslim melakukan salat secara munfarid (sendirian) adalah saat dia sakit. Terutama laki-laki, harus solat di masjid. Solat jamaah lebih utama dari solat sendirian. Rasulullah mengancam laki-laki yang tidak solat di masjid untuk dibakar rumahnya. Perempuan lebih utama solat di rumah, namun sebisa mungkin juga solat berjamaah dengan saudara perempuannya.

5. Apabila suami istri ingin melaksanakan salat berjamaah maka suami menjadi imam, dan istri menjadi makmum. Istri berdiri di tempat yang lebih belakang dibanding suami.